Edukasi

[Pendidikan][bsummary]

Ekonomi

[Ekonomi][twocolumns]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Infomedia

[Infomedia][bigposts]

Keagamaan

[Keagamaan][twocolumns]

Dana Rp 200 Milyar Dari Sebuku Group, Tak Serupiah Pun untuk Pulau Laut Tengah

Mengenaskan, "mambari maras".

Senilai Rp 200 milyar dana kompensasi tahap I mengucur dari Sebuku Coal Group, tapi mirisnya tak satu rupiah pun diarahkan untuk peningkatan pembangunan dan ekonomi masyarakat Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru.

Hal ini terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP, hearing) antara LSM, DPRD dan Pemkab Kotabaru, Senin (21/09/21) di gedung DPRD Kotabaru.

Sekdakab Kotabaru, Drs. Said Akhmad, MM mengatan, penetapan pembangunan yang menggunakan dana kompensasi itu sudah melalui penilaian oleh tim, dan melihat kesiapan perencanaan.

Ada beberapa kegiatan fisik yang sudah direncanakan dan diakomodir dengan dana kompensasi tersebut antara lain, lanjutan pembangunan kantor Bupati di kawasan Desa Sebelimbingan senilai Rp 52,5 milyar, lanjutan pembangunan rumah sakit di Desa Stagen senilai Rp 57,5 milyar, peningkatan ruas jalan perkantoran di Desa Sebelimbingan senilai Rp 10 milyar, peningkatan ruas jalan ke objek wisata Goa Lowo di Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir senilai Rp 5 milyar, peningkatan jalan di Desa Mandala Kecamatan Kelumpang Hilir senilai Rp 5 milyar, peningkatan ruas jalan Desa Magalau Hilir Kecamatan Sampanahan senilai Rp 10 milyar, kelanjutan gedung DPRD di Desa Sebelimbingan senilai Rp 37,5 milyar. Yang mengejutkan adalah pembangunan markas KODIM 1004 senilai 7,5 milyar dan pembangunan dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) di Desa Stagen senilai 7,5 milyar, dengan total keseluruhan Rp 200 milyar.

"Dalam membangun kita harus mempersiapkan perencanaannya. Nah titik-titik pembangunan yang sudah ditetapkan itu ada perencanaan teknisnya dari pihak PU," ungkap Sekdakab.

Lebih jauh, Said Akhmat menjanjikan dana kompensasi tahun berikutnya akan dianggarkan.

"Kan masih ada Rp 500 milyar lagi dana kompensasinya, yang penting sekarang kita mengawal Sebuku Group harus merealisasikan semua dana itu," tutupnya. (RNS)




Penulis : Ronal Sitompul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Momentar Anda adalah cerminan otak Anda, maka lebih baik diam daripada sok tahu.

Kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

Lingkungan

[Lingkungan][bsummary]

Pembangunan

[Pembangunan][bigposts]

Pemerintahan

[Pemerintahan][twocolumns]

Parlementaria

[DPRD][bsummary]

Politik

[Politik][bigposts]

Sosial

[Sosial][twocolumns]