Pemkab Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi - Eksplosif

  • Eksplosif

    Media Digital

    Eksplosif™

    Senin, 22 Januari 2024

    Pemkab Tanah Bumbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi

    Tanah Bumbu,
    Pemkab Tanah Bumbu, dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Eryanto Rais dan SKPD terkait lainnya mengikuti Rapat Koordinasi (Rakoor) secara virtual dengan Badan Pusat Statistik (BPS). 

    Direktur Statistik Harga pada BPS, Dr .Windhiarso Putranto menyampaikan tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga (IPH) minggu ke 2 Januari 2024; secara nasional, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH turun sebesar 9 persen poin.

    Wilayah dengan persentasi penurunan terbesar secara berturut-turut adalah Pulau Jawa turun 16,85 persen poin. Pulau Sumatera turun 13,08 persen poin, dan Luar Pulau Jawa dan Sumatera turun 4,48 persen poin.

    Rakoor Pengendalian Inflasi Daerah ini dibuka Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir, yang mengatakan pihaknya fokus pada kenaikan harga dan antisipasinya. 

    Komoditas yang fluktuasi harganya cukup signifikan selama Januari 2024 (Sampai Minggu ke 2) adalah Cabe Rawit. Selama tahun 2023 yang merupakan komponen utama yang menjadi penyebab inflasi antara lain emas perhiasan dan rokok kretek. ©Eksplosif

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Beranda